kerjasama 2021 edit

Dalam rangka memaksimalkan pelaksanaan Ujian Online (UO), Universitas Terbuka Denpasar selalu mengupayakan untuk melakukan kerjasama dengan beberapa Instansi Pendidikan pada  setiap Kabupaten di Bali. Hal ini dilakukan untuk mendukung ketersediaan sarana dan prasarana yang mudah di akses oleh mahasiswa UT Denpasar di daerahnya masing-masing terkait Ujian Online. Pihak Universitas Terbuka melakukan kerjasama dengan pihak SMK TI Bali Global Singaraja pada tanggal 24 Maret 2021. Disusul pada tanggal 31 Maret, pihak Universitas Terbuka juga melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama dengan pihak SMK Marsudirini Negara. Melalui kerja sama dengan dua instansi ini, diharapkan dapat meningkatkan semangat masyarakat seluruh Bali untuk menempuh pendidikan di Universitas Terbuka.

 

audiensi jembrana2

Guna menjaga tali silaturahmi antara Universitas Terbuka Dengan Pemerintah Kabupaten Jembrana, Selasa 25/03/2021 kemarin Universitas Terbuka Denpasar melakukan audiensi dengan Wakil Bupati Jembrana yakni Bapak I Gede Ngurah Patriana Krisna, S.T., M.T.  Secara umum Audiensi yang disampaikan oleh Direktur Universitas Terbuka Bapak Agus Tatang Sopandi S.Si., M.Pd. membahas mengenai besarnya minat dari masyarakat Jembrana dalam menempuh pendidikan di Universitas Terbuka dan juga menjelaskan secara singkat  profil dari Universitas Terbuka sebagai salah satu Universitas Negeri dengan sistem belajar jarak Jauh. 

Beliau juga menyampaikan bahwa hingga saat ini terdata sebanyak 1.400 mahasiswa Universitas Terbuka Denpasar yang berasal dari Jembrana dengan jumlah keseluruhan alumni sebanyak 2.776 orang. Hal ini tentunya disambut dengan baik oleh bapak Wakil Bupati sehubungan dengan adanya program dari pemerintah kabupaten untuk menjadikan Jembrana sebagai kabupaten literasi. Melalui Audiensi ini juga Universitas Terbuka mengucapkan selamat atas kepemimpinan Bapak Bupati dan wakil Bupati Jembrana untuk periode 2021-2024.

audiensi jembrana1

 

Kegiatan Audiensi tersebut juga diawali dengan pertemuan dengan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Jembrana yakni Ibu Ni Nengah Wartini, S.Si., M.Si. Dalam pertemuan tersebut Ibu Kepala Dinas Pendidikan menyampaikan apresiasinya terhadap kontribusi Universitas Terbuka Denpasar dalam membantu warga Jembrana untuk menempuh Pendidikan Tinggi. Sehingga diharapkan sinergi ini akan tetap berlanjut kedepannya.

osmb 20211 1

 

Memasuki semester 2020/21.2 (2021.1), Universitas Terbuka Denpasar kembali menyelenggarakan kegiatan Orientasi Studi Mahasiswa Baru atau OSMB pada tanggal 20 maret 2021. Tanpa dihalangi oleh situasi pandemi Covid-19, kegiatan OSMB tetap berlangsung secara daring dengan penuh antusiasme dari mahasiswa baru. Tidak tanggung-tanggung sebanyak 917 orang yang terdaftar sebagai mahasiswa baru di semester ini, 80%nya terlibat penuh dalam kegiatan OSMB. Kegiatan yang bertujuan untuk memberikan pemahaman secara fundamental bagi mahasiswa mengenai sistem pembelajaran yang akan mereka tempuh ini secara resmi dibuka oleh Direktur Universitas Terbuka Denpasar, Bapak Agus Tatang Sopandi S.Sn., M.Pd.

osmb 20211 2

 

Disusul pada hari berikutnya yakni 21 Maret 2021, pihak Universitas Terbuka Denpasar melanjutkan dengan kegiatan PKBJJ atau Pelatihan Keterampilan Belajar Jarak Jauh yang juga diadakan secara daring. Dengan menyajikan topik bahasan materi yang menarik, acara PKBJJ diisi oleh berbagai narasumber yang menguasai dibidangnya. Adapun ragam materi yang disajikan diantaranya Layanan Registrasi & Asesmen, Bantuan Belajar & Layanan Belajar, Pengelolaan Waktu & Skema Membaca Efektif hingga Kiat Sukses Melewati UAS.

Besarnya tingkat partisipasi mahasiswa baru dalam dua jenis kegiatan ini tercermin dari peran aktif mahasiswa memberikan tanggapan dan pertanyaan disaat sesi diskusi. Tentunya untuk lebih menyukseskan kegiatan ini dan menjangkau semua mahasiswa, pihak universitas Terbuka Denpasar juga memfasilitasi mahasiswa dengan layanan siaran langsung di kanal Youtube Univesitas Terbuka Denpasar. Dengan mengejutkan, minat mahasiswa juga tidak kalah saing dalam menyaksikan siaran tersebut.

 

osmb 20211 4

 

Harapannya, melalui dua jenis kegiatan ini, mahasiswa mampu memahami dengan baik mengenai sistem pembelajaran di Universitas Terbuka. Selain itu mahasiswa juga dapat mengentahui teknis penyelenggaraan sistem belajar di universitas Terbuka Denpasar. Sehingga selaras dengan misinya Universitas Terbuka, melalui kegiatan ini mahasiswa Universitas Terbuka Denpasar kedepannya diharapkan mampu menjadi lulusan yang berdaya saing tinggi di era digital.

         audiensi klungkung4

           Audiensi Universitas Terbuka Denpasar disambut dengan baik oleh pemerintah kabupaten Klungkung. Audiensi yang dilaksanakan pada tanggal 18/03/2021 ini disampaikan oleh Direktur Universitas Terbuka Denpasar dan diterima secara langsung  oleh Bapak Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta yang juga didampingi Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Klungkung Drs. I Kutut Sujana M. Pd. H. Melalui audiensi ini, Direktur Universitas Terbuka Denpasar ingin menjaga silaturahmi dengan pihak pemerintah kabupaten serta memperkenalkan kembali Universitas Terbuka sebagai salah satu Universitas negeri yang sistem pembelajarannya berbasis Jarak Jauh. Dengan dilaksanakannya audiensi ini, pihak Pemerintah Kabupaten Klungkung berharap kerja sama antara Pemerintah Kabupaten Klungkung dalam hal mendukung pendidikan tinggi di Kabupaten Klungkung.

UPI Daring 1.jpeg

Selasa 13 Oktober 2020, di masa pandemik COVID-19 banyak dari jajaran perguruan tinggi di Indonesia yang terhambat dalam proses kegiatan akademik, tidak terkecuali dengan kegiatan wisuda yang dilaksanakan tiap perguruan tinggi.  Wisuda adalah upacara peneguhan atau pelantikan bagi seseorang yang telah menempuh pendidikan. Di kalangan akademik, wisuda merupakan penanda kelulusan mahasiswa yang telah menempuh masa belajar pada suatu universitas. Pada lingkungan akademik Universitas Terbuka mengenal istilah Upacara Penyerahan Ijazah (UPI) untuk mahasiswa yang sudah menyelesaikan proses studi belajar dan sudah dinyatakan lulus dalam sk kelulusan.

Kegiatan Upacara Penyerahan Ijazah biasanya dilangsungkan dengan tatap muka di ruang pertemuan yang luas, sehingga dalam pelaksnaannya dapat menampung jumlah mahasiswa yang menerima ijazah. Upacara Penyerahan Ijazah berbeda dengan wisuda dikarenakan pelaksanaan wisuda sudah dilakukan di Universitas Terbuka Pusat.

Upacara Penyerahan ijazah UPI di tahun ini dirasa sangat berbeda dikarenakan pelaksanaannya tidak dilakukan secara tatap muka, melainkan secara Daring. Hanya beberapa mahasiswa yang diundang untuk datang ke kantor untuk mengikuti proses Upacara Penyerahan Ijazah yang diwakili 1 orang tiap Fakultas. Untuk mahasiswa lainnya mengikuti kegiatan Upacara Penyerahan Ijazah ini secara daring dari rumah masing-masing.

UPI Daring 2.jpeg

Acara Upacara Penyerahan Ijazah ini dibuka oleh Direktur Universitas Terbuka Denpasar Bapak Agus Tatang Sopandi, S.Sn., M.Pd dilanjutkan dengan sambutan dari Bapak Dr. Ir. I Wayan Koster, M.M, Sambutan dari Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Drs. KN. Boy Jayawibawa, M.Si. Sambutan Rektor Universitas Terbuka, Bapak Prof. Drs. Ojat Darojat, M.Bus., Ph. D. yang diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Pengembangan Institusi dan Kerja Sama, Bapak Dr. Liestyodono Bawono Irianto, M.Si. Sejumlah .

Imbas wabah Covid-19 ini, setidaknya ada hikmah yang bisa dipetik. Kesehatan dan kebersihan merupakan hal yang sangat berharga karena bisa melindungi dari berbagai penyakit, termasuk Covid-19. Disisi lain dunia pendidikan menjadi akrab dengan teknologi digital untuk mendukung pembelajaran dan kegiatan nonakademis lainnya.