Admisi dan Tes Masuk Program Magister Semester 2024/2025 Ganjil

Pendaftaran Mahasiswa Baru Program Magister (S2) Universitas Terbuka semester 2024/2025 ganjil telah dibuka.
Program Studi yang ditawarkan mencakup:
- Magister Ilmu Administrasi bidang minat Administrasi Publik (MAP)
- Magister Manajemen (MM)
- Magister Ilmu Kelautan bidang minat Manajemen Perikanan (MMP)
- Magister Pendidikan Matematika (MPMt)
- Magister Pendidikan Dasar (MPDr)
- Magister Pendidikan Bahasa Inggris (MPBI)
- Magister Studi Lingkungan (MSL)
- Magister Pendidikan Anak Usia Dini (MPAD)
Jadwal Pelaksanaan Admisi dan Tes Masuk Program Magister, sebagai berikut.
1 | Pendaftaran | 28 Februari – 2 Mei 2024 |
2 | Pembayaran Admisi | 1 Maret – 6 Mei 2024 |
3 | Tes Masuk | 25 – 26 Mei 2024 |
4 | Pengumuman Hasil Tes Masuk | 21 Juni 2024 |
5 | Unggah Kelengkapan Berkas Persyaratan | 26 Juni – 31 Juli 2024 |
6 | Registrasi Mata Kuliah | 26 Juni – 14 Agustus 2024 |
7 | Pembayaran Uang Kuliah | 27 Juni – 16 Agustus 2024 |
Ketentuan:
- Admisi dapat dilakukan secara online https://admisi-sia.ut.ac.id
- Biaya Admisi sebesar Rp. 750.000, –
- Menyiapkan Berkas Pendaftaran (terlampir)
- Tahap verifikasi dan validasi
- Tahap I: Verifikasi dan validasi (verval) persyaratan administrasi
- Tahap II: Verval CV dan Rancangan Penelitian
- Tahap II: Verval Camaba yang lulus tes masuk, untuk mendapatkan NIM
- Tes Masuk secara online di kantor UT Daerah
- Materi Tes Masuk mencakup:
- Tes Substansi sesuai yang ditetapkan program studi masing-masing
- Tes Bahasa Inggris, jika belum memiliki TOEFL sesuai persyaratan atau setara, dan
- Tes Potensi Dasar Akademik (TPDA), jika belum memiliki nilai TPA/TPDA sesuai persyaratan.
Substansi Bidang Ilmu yang diujikan pada tes masuk:
Program | Substansi Bidang Ilmu yang Diujikan |
Program Magister Ilmu Administrasi Bidang Minat Administrasi Publik (MAP) |
|
Magister Manajemen (MM) |
|
Program Magister Pendidikan Bahasa Inggris (MPBI) |
|
Magister Pendidikan Matematika (MPMt) |
|
Magister Pendidikan Dasar (MPDr) |
|
Magister Ilmu Kelautan Bidang Minat Manajemen Perikanan (MMP) |
|
Program Magister Studi Lingkungan (MSL) |
|
Magister Pendidikan Anak Usia Dini (MPAD) |
|
Berkas Pendaftaran yang harus diunggah:
- Ijazah dan transkrip S1/D-IV sesuai yang dipersyaratkan oleh masing-masing prodi
(IPK S1 untuk semua Program Studi minimal 2.5, kecuali untuk MMP minimal 2,25) - Sertifikat Akreditasi Program Studi pada tahun lulus dan ijazah S1/D-IV atau SK Ijin Penyelenggaraan bila lulus S1 sebelum tahun 2010
- Surat Penyetaraan Ijazah Luar Negeri dari Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kemristekdikti/Kemendikbud), khusus bagi lulusan luar negeri
- Kartu Tanda Penduduk (KTP)
(dengan huruf dan angka yang jelas terbaca serta foto wajah yang terlihat jelas) - Pasfoto berwarna terbaru ukuran 4×6 (file dalam format .jpg bukan .pdf dengan ukuran maksimal 512 kb)
- Daftar Riwayat Hidup dan Pengalaman Kerja
- Rancangan penelitian singkat (1.000-1.500 kata) untuk tesis yang belum pernah atau akan dipublikasikan di media apapun
- Surat Keterangan Mengajar (khusus untuk Prodi MPBI, MPMt, dan MPDr)
- SK menjadi guru atau SK menjadi pengelola/pengawas sekolah dari Dinas Pendidikan atau dari Yayasan (khusus untuk Prodi MPBI, MPMt, dan MPDr)
- Bukti telah mengikuti Tes Bahasa Inggris pada institusi yang bereputasi dalam jangka waktu 2 (dua) tahun terakhir dengan skor minimal setara nilai TOEFL ITP 450, kecuali setara nilai TOEFL ITP 500 untuk Program MPBI (Jika ada)
Sertifikat TOEFL yang diakui UT adalah TOEFL ITP. UT juga mengakui tes iBT- TOEFL, IELTS, TOEP dari Lembaga/Pusat Bahasa Perguruan Tinggi, dan EnglishScore dari British Council, dengan konversi skor seperti
tertera di atas - Bukti telah mengikuti Tes Potensi Akademik (TPA) pada institusi yang bereputasi dalam jangka waktu 2 (dua) tahun terakhir dengan skor minimal setara nilai TPA 450 (Jika ada) Sertifikat TPA/TPDA yang diakui UT adalah TPDA dari PLTI dan TPA dari Bappenas.
- Surat Izin Mengikuti Program Pascasarjana UT dari atasan langsung
(khusus bagi peserta yang berstatus Aparatur Sipil Negara (ASN) atau Aparatur Pemerintah) - Surat pernyataan mampu mengoperasikan komputer untuk kepentingan mengikuti pendidikan dan mempunyai akses Internet (ditandatangani di atas meterai Rp10.000,00)
- Formulir Isian Pasfoto dan Tanda Tangan
- Surat Pernyataan Keabsahan Dokumen, yang ditandatangani di atas meterai Rp10.000,00
Catatan:
1) Berkas nomor a s.d. k menjadi pertimbangan dalam pemberian LIP Admisi.
2) Bukti untuk nomor j dan k harus diunggah sebelum pembayaran LIP Admisi.
Informasi ini akan digunakan dalam penyiapan tes Bahasa Inggris dan TPA yang akan disediakan UT.
3) Berkas lainnya (l s.d. o) dapat diunggah setelah pengumuman tes masuk, paling lambat sebelum melakukan Registrasi Mahasiswa Baru/Registrasi Pertama