OSMB Non Pendidikan Dasar 2017.1

Minggu pagi, 05 Februari 2017 bertempat di Aston Hotel and Convention Centre, merupakan hari yang penting bagi para mahasiswa baru Program Sarjana dan Diploma FEKON, FISIP, FMIPA & FKIP Unit Program Belajar Jarak Jauh Universitas Terbuka (UPBJJ-UT) Denpasar pada periode 2016/2017.2, karena hari itu merupakan hari dimana tahap baru kehidupan sebagai mahasiswa dimulai. Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB) merupakan agenda rutin setiap usai penutupan masa registrasi. Diikuti kurang lebih sejumlah 312 peserta, OSMB kali ini menawarkan hal baru yaitu praktik tutorial online secara langsung dan cara untuk mengunduh Bahan Ajar (BA) Digital yang dipandu oleh Ibu Kepala UPBJJ-UT Denpasar, para Koordinator serta staf ICT.

Acara dimulai dengan laporan dari Bapak Yulianto, SE selaku ketua panitia sekaligus Koordinator Registrasi dan Pengujian pada UPBJJ-UT Denpasar, beliau memaparkan tujuan dari berlangsungnya OSMB, jumlah rincian mahasiswa baru pada masa registrasi ini, serta gambaran umum mengenai materi yang akan dipaparkan. Lalu dilanjutkan dengan pembukaan OSMB secara resmi sekaligus pemberian sambutan dan penyematan jas almamater secara simbolis kepada dua orang perwakilan mahasiswa oleh Dra. Hendrin Hariati Sawitri, M.Si selaku Kepala UPBJJ-UT Denpasar. Setelah Ibu Kepala UPBJJ-UT Denpasar mengabadikan momen bersama para koordinator dan perwakilan mahasiswa, acara dilanjutkan dengan pemberian materi mengenai Sistem Belajar Jarak Jauh bagi para mahasiswa baru oleh Ibu Kepala UPBJJ-UT Denpasar sendiri, pada sesi ini Ibu kepala menyampaikan mengenai apa dan bagaimana sistem belajar jarak jauh dan perkembangan teknologi yang dipergunakan oleh UT dari zaman ke zaman.

Pemateri selanjutnya dari Bapak Yulianto, SE selaku koordinator Registrasi dan Ujian yang memaparkan materi mengenai layanan registrasi dan ujian di UPBJJ-UT Denpasar, apa kiat-kiat menjadi mahasiswa yang aktif dan berprestasi di kampus, serta bagaimana proses registrasi setiap semester dan sistem ujian yang diterapkan. Setelah disegarkan oleh ishoma, acara berlanjut dengan pemberian materi mengenai Layanan bantuan belajar dan layanan bahan ajar oleh Gede Suwardika, S.Si, M.Si selaku koordinator Bantuan Belajar dan Layanan Bahan Ajar (BBLBA). Biasanya, materi terakhir adalah yang paling membosankan tetapi tidak berlaku bagi Pak Gede begitu akrabnya beliau disapa, dengan luwesnya beliau mengajak mahasiswa baru yang mulai lelah bercanda dan peregangan sebelum memulai materinya. Acara OSMB kemudian ditutup pada pukul 16.00 WITA dengan bangga dan gembira serta tentunya memberikan bekal pengetahuan baru bagi mahasiswa.