Mahasiswa Baru 2016.2 UPBJJ-UT Denpasar

Sumber Berita : arisuword.com Penulis Berita : Aris Muhammad Syaiful.

Hari ini, tanggal 07 agustus 2016 adalah pelaksanaan OSMB atau Orientasi terhadap mahasiswa baru Program Non Pendidikan Dasar di Denpasar. Pelaksanaan OSMB dilaksanakan di Hotel Grand Shanti  yang beralamat di Jl. Patih Jelantik No.1 Denpasar 80113 BaliBertepatan pada hari minggu, sehingga banyak peserta yang hadir di dalam acara tersebut.

Penyematan Jas Almamater

Mahasiswa Universitas Terbuka atau UT angkatan tahun 2016 periode 2 sejumlah 667 mahasiswa baru.Hampir dari keseluruhan mahasiswa hadir dalam acara tersebut, sehingga ruangan aula pertemuan di Hotel Grand Shanti sampai penh. Ini karena antusias dari mahasiswa baru yang ingin mengenal lebih dekat tentang UT, proses belajar dan bagaiamana sistem ujian dan penilaianya.

Acara OSMB UT Denpasar di mulai pukul 08.30 dan berakhir pukul 14:00 Wita. Adapun acara yang disampaikan adalah:

  1. Profil UT dan Strategi serta Makna Pembelajaran Jarak Jauh
  2. Proses Administrasi dan Registrasi yang ada dalam UT.
  3. Proses pembelajaran dan bahan ajar yang disediakan oleh UT.

Pertama-tama acara dimulai dengan menyanyikan lagu Indoesia Raya dan juga Hymne Universitas Terbuka. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Ibu Kepala UPBJJ-UT Denpasar sekaligus penyematan Almamater kepada mahasiswa baru sebagai tanda mereka telah sah menjadi mahasiswa UT.

Kuliah di UT ditekankan untuk bisa belajar secara mandiri, karena sistem belajar UT yaitu Terbuka dan Jarak Jauh.Terbuka dalam arti tidak ada batasan usia untuk registrasi, yang penting lulus SMA sederajat. Makna jarak jauh artinya sistem pendidikan di UT tidak dilakukan secara tatap muka langsung (bertemu dosen), melainkan melalui sebuah media seperti modul, website, audio/video, siaran radion dan televisi. Demikian kutipan dan kesimpulan yang disampaikan Ibu Kepala UPBJJ-UT Denpasar.

Pemberian Materi oleh Kepala UPBJJ UT Denpasar

Pada Periode ke 2 ini UAS akan dilaksanakan tanggal 30 Oktober 2016 dan 5 November 2016.Dalam pematerian mahasiswa sangat antusias sekali dalam mendengarkan materi yang diberikan. Banyak dari para mahasiswa yang bertanya, mulai bertanya tentang tutorial online, tentang TTM Atpem (Tutorial Tatap Muka Atas Permintaan Mahasiswa), Toko buku online, serta bagaimana mengoptimalkan bahan ajar pada UT.

Memang, bersekolah di UT dibutuhkan tekad yang kuat untuk belajar sendiri. Karena tidak akan dibimbing dosen secara langsung, melainkan hanya melalui media dan tutorial online yang ada di website UT. Untuk itu setiap mahasiswa harus bisa mengatur waktu belajar masing-masing agar nilainya bisa maksimal.

Demikianlah ulasan dari saya tentang OSMB Universitas Terbuka di Denpasar. Semoga semua mahasiswa baru yang telah bergabung dengan UT diberikan kesusksesan di masa yang akan datang. Amin..