osmb pendas 20171 1

         Minggu, 19 Maret 2017 Unit Program Belajar Jarak Jauh Universitas Terbuka (UPBJJ-UT) Denpasar melaksanakan Orientasi Studi Mahasiswa Baru Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dan Pendidikan Guru Anak Usia Dini (PGPAUD) pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Semester 2016/2017.2 bertempat di Hongkong Garden Restoran, Padanggalak Sanur. Diikuti oleh kurang lebih 608 peserta yang terdiri atas berbagai macam masukan dari berbagai Kelompok Belajar (Pokjar) dari 9 Kabupaten/Kota (Kabko) yang tersebar di seluruh Bali, Orientasi Studi Mahasiswa Baru berjalan dengan baik dan lancar. Acara dimulai dengan sambutan dari ketua panitia oleh Bapak Yulianto SE, kemudian penyematan jas almamater secara simbolis kepada 2 orang perwakilan mahasiswa yang diwakili oleh I Gede Arsawan dari program studi PGSD Pokjar Buleleng dan Ni Putu Eka Santi dari Program Studi PGPAUD Pokjar Gianyar.

         Acara dibuka secara resmi oleh Ibu Kepala UPBJJ-UT Denpasar, Dra. Hendrin Hariati Sawitri, M.Si dilanjutkan dengan pemberian materi mengenai Sistem Belajar Jarak Jauh yang dipaparkan oleh Ibu Kepala UPBJJ-UT Denpasar. Ibu Kepala UPBJJ-UT Denpasar memaparkan dengan terperinci tentang sejarah dari Universitas Terbuka, bagaimana sistem pembelajaran jarak jauh dan berbagai keunggulan yang dimiliki oleh  UT. Materi kedua mengenai Layanan Registrasi Ujian serta Sistem Ujian Online (SUO) dipaparkan oleh Koordinator Registrasi dan Pengujian yakni Bapak Yulianto, SE. Dalam materi tersebut, ditekankan mengenai integritas yang harus dimiliki mahasiswa dengan tidak mencontek dan melakukan plagiarism, juga memastikan bahwa seluruh berkas registrasi telah dilengkapi untuk menghindari nilai ujian tidak keluar (terpending). Tidak lupa Pak Yulianto mempromosikan Fakultas lainnya yang ada di lingkungan Universitas Terbuka diantara: Fakultas Ekonomi (FE), Fakultas Hukum Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FHISIP), Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), serta Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP).

osmb pendas 20171 2

     Menginjak siang hari, materi terakhir mengenai Layanan Bantuan Belajar dan Layanan Bahan Ajar serta Tutorial Online dibawakan dengan ringan dan jelas oleh Bapak Gede Suwardika, S.Si, M.Si. Pada materi ini ditekankan mengenai bahan ajar yang akan diperoleh mahasiswa, layanan tutorial online, serta pengenalan mengenai Bahan Ajar Digital yang dapat diakses secara gratis oleh mahasiswa. Setelah acara berakhir, diharapkan mahasiswa dapat lebih mengenal apa itu Universitas Terbuka dan bagaimana sistem belajar jarak jauh tersebut sehingga menambah wawasan keilmuan dan juga kecintaan mahasiswa baru terhadap kampus mereka.

 

       Berikut ini adalah Kit Materi OSMB untuk Mahasiswa Baru Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dan Pendidikan Guru Anak Usia Dini (PGPAUD). Silakan mengunduh materi-materi tersebut dengan link dibawah ini  :


Syair Lagu Indonesia Raya dan Hymne UT: Syair (PPT), Indonesia Raya (MP3), Hymne UT (Mp3)

Materi SBJJ (PPT)

Materi Layanan Registrasi dan Ujian (Zipfile)

Materi Layanan BBLBA (PPT)